Rabu, 17 Juni 2009

Skripsi Sistem Pakar TroubleShooting BTS

Base Transceiver Station (BTS) terdiri dari modul-modul yang memiliki indikator alarm untuk mengindikasikan adanya error pada komponen dalam sistemnya.

Kurangnya tenaga ahli alarm BTS, menyebabkan para operator harus terlebih dahulu membuka buletin atau referensi lainnya untuk mengetahui penanganan dari tiap alarm sehingga tidak terjadi kesalahan fatal. Keterbatasan itulah yang menyebabkan para operator cukup kesulitan untuk melakukan troubleshooting dengan cepat.

Untuk menangani masalah ini, dibutuhkan suatu sistem yang dapat merangkum seluruh jenis alarm, dapat membantu proses diagnosis menentukan jenis alarm yang terjadi, serta dapat memberikan solusi troubleshooting yang tepat pada tiap-tiap jenis alarm secara cepat, dan akurat.



Bertolak dari permasalahan tersebut maka pada tugas akhir ini akan dibuat “Sistem Pakar Troubleshooting Alarm BTS CDMA FLEXI Berbasis Web”. Sistem Pakar merupakan suatu sistem program komputer yang seolah-olah memiliki kemampuan selayaknya seorang pakar dalam bidang pengetahuan tertentu[2]. Dengan menggunakan mesin inferensi backward chaining (penelusuran ke belakang) dapat memudahkan penelusuran penemuan troubleshooting terbukti dari hasil uji akurasi sistem ini sebesar 92.5 % sistem ini dinyatakan layak untuk diaplikasikan di kalangan teknisi BTS CDMA.

Download Contoh Skripsi


Contoh Skripsi Sistem Pakar TroubleShooting BTS dipersembahkan oleh blog Kumpulan Contoh Makalah | Skripsi | Tesis

3 komentar: